SAATNYA WANITA
MERAMBAH BISNIS
DIGITAL
Wanita
berbisnis adalah hal yang sudah biasa. Tapi, wanita berbisnis dalam bidang
digital sampai saat ini relatif masih sedikit yang melakukannya. Dunia saat ini
telah memasuki era digital. Jadi, mau tidak mau wanita yang terjun dalam bisnis
harus mau beradaptasi dengan tuntutan jaman yang ada.
Lalu,
apakah yang disebut dengan era digital? Tuhu Nugraha (2014) menyatakan bahwa: “Era
digital adalah sebuah periode dalam sejarah manusia yang ditandai oleh
perubahan dari industri tradisional yang dibawa oleh revolusi industri menjadi
industri yang basisnya ekonomi dan informasi.” Kecanggihan alat teknologi
komunikasi di abad ini memang telah memicu terjadinya komunikasi yang bersifat
global. Dampaknya, terjadilah revolusi industri yang berbasis pada ekonomi dan
informasi.
Komunikasi
global menjadikan pergerakan ekonomi di dunia semakin cepat. Demikian pula
dengan penyebaran informasi dari seluruh penjuru dunia. Penguasaan teknologi
komunikasi menjadi suatu kebutuhan bukan lagi hanya sebagai bagian dari life style.
Internet
yang semula hanya digunakan oleh kalangan tertentu, kini berubah bisa digunakan
oleh siapa saja. Terutama ketika smartphone
diluncurkan, internet semakin banyak digunakan secara personal. Kehadiran media
sosial, seperti: Facebook, Twitter, dan Linkedln telah menimbulkan komunikasi
langsung antara perusahaan dengan konsumen. Hal ini, semakin memperkuat urgensi
wanita pebisnis untuk melek teknologi dan mulai merambah bisnis digital.
EmoticonEmoticon